Komputer server merupakan suatu komputer yang dirancang khusus dari sisi hardware ataupun dari sisi software yang digunakan sebagai penyedia layanan untuk komputer client dalam sebuah jaringan. Umumnya komputer ini memiliki tugas yang sangat penting dalam jaringan komputer sehingga komputer ini harus memiliki spesifikasi yang tinggi baik dari hardware, kecepatan prosesor, kapasitas hardisk, dibandingkan dengan kapasitas komputer klient.

Komputer Server dan Client
Komputer Server dan Client

Fungsi Komputer Server
Komputer server memiliki fungsi secara umum sebagai penyimpan aplikasi dan database yang ada pada komputer klient atau yang terhubung, menyediakan fitur keamanan, melindungi semua komputer yang terhubung dan menyediakan ip address pada mesin komputer yang terhubung.
fitur komputer server yang harus ada antara lain memori ram yang besar untuk menampung query yang dijalankan oleh komputer terhubung, kecepatan prosesor yang tinggi untuk mengelola komputer klient sehingga sangat penting komputer utama ini memiliki kecepatan maksimal sehingga mampu memberikan fasilitas pengerjaan multitasking, selain itu kapasitas penyimpanan yang dimiliki haruslah sangat besar untuk menyimpan semua data dalam jaringan komputer.


Pengertian Komputer Client

Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Kemudian, client menerima pelayanan dari komputer server.

Fungsi Komputer Client

1. Mengakses informasi yang ada di dalam komputer server
Fungsi utama dari komputer client adalah melakukan akses terhadap infomasi yang dimiliki oleh server. Setiap klien yang terhubung ke dalam sebuah jaringan, akan memiliki hak akses tertentu untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan. Biasanya komputer client terdiri dari lebih dari 2 komputer, dimana terhubung ke dalam satu jaringan komputer yang sama dengan server.

2. Melakukan manajemen basis data
Komputer client yang diberikan hak khusus juga dapat berfungsi sebagai administrator, yang berarti mampu untuk melakukan proses manajemen terhadap basis data atau database yang terdapat di dalam komputer server
Share To:

Firdaus Nanda

Saya memiliki minat yang tinggi dalam dunia IT, namun saya tidak menutup diri akan hal – hal baru yang dapat membuat saya lebih berkembang.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours