Pengertian network interface card ( NIC )/kartu jaringan

Kartu Jaringan atau disebut dengan istilah NIC (Network Interface Card) atau LAN Card atau Etherned Card merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan Kartu Jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.

Fungsi Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan
Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu:

1.  Peranti yang menyambungkan kabel jaringan  dengan komputer.
2.  Peranti yang menyediakan pengalamatan secara    fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.

Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:
Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC  Ethernet , yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atauThicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet,Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface) , yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik.

Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC Adress yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).

Jenis Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan

Kartu jaringan merupakan salah satu perangkat jaringan yang bekerja pada layer Physical dan Data Link, yang menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya yang umumnya berupa Switch LAN. Kartu LAN ini dikoneksikan ke Switch melalui media kabel jaringan, yang umum sekarang ini adalah kabel UTP Cat5e (kabel standard UTP yang mendukung kecepatan Gigabit).

Berikut ini adalah  Jenis Network Interface Card (NIC) / Kartu Jaringan.

1.       PCI Adapter
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang pada awalnya didesign untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang dipakai dalam system komputer IBM. Dirilis pertama kali tahun 1992 dan masih banyak dipakai sampai sekarang ini untuk komputer desktop yang mempunyai slot PCI tentunya.

Dari jenis adapter jaringan ada dua macam pemakaian yaitu yang untuk adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless atau jaringan nirkabel. Gambar berikut menunjukkan slot PCI pada motherboard komputer dan kartu jaringan PCI untuk LAN dan untuk wireless.


2.       USB Adapter
USB (Universal Serial Bus) adalah standard Bus serial yang mempunyai design asimmetris dan di design sebagai slot yang sangat praktis untuk menghilangkan perlunya tambahan slot PCI pada komputer. USB mempunyai kemampuan PnP (Plug and Play – pasang dan mainkan) sehingga saat dipasang di komputer tidak memerlukan suatu reboot komputer. Tidak ada kartu jaringan LAN yang memakai slot USB kecuali yang dari jenis wireless.


3.       Cardbus / PCMCIA
Kartu jaringan Cardbus atau PCMCIA yang dipakai pada slot Cardbus atau PCMCIA dari notebook. Kartu jaringan dari jenis Cardbus ini lebih banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless juga, walaupun pada awalnya banyak diproduksi adapter LAN dengan speed 10 Mbps di era laptop jaman dulu yang tidak dilengkapi dengan kartu jaringan onboard, sekarang sudah tidak ada lagi.


4.       Express Card
Kartu jaringan dari jenis ExpressCard adalah jenis baru yang mulai banyak diadopsi oleh notebook belakangan ini mulai akhir tahun 2006-an. Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibanding CardBus adalah peningkatan bandwidth yang sangat dramatis dibanding technology Cardbus. Kartu jaringan ExpressCard mempunyai koneksi langsung kepada system bus melalui suatu jalur X1 Express PCI dan USB 2.0, sedangkan Cardbus menggunakan controller interface yang hanya memakai interface PCI..




5.       PCI Express USB 3.0 Adapter
Sejak 2006, sudah mulai banyak produk computer yang melengkapi motherboardnya dengan PCI express dengan tersedianya slot PCIe. Sekarang ini banyak produk yang memanfa’atkan slot PCIe ini antara lain USB port PCI Express adapter. PCIe adapter ini mengusung port USB 3.0 Super Speed.
Adapter ini dilengkapi dengan konektor power dari PC 4-pin untuk memberikan kekuatan power kepada perangkat USB yang terhubung kepada USB portnya. Kecepatan data transfer sungguh luar biasa sampai 5 Gbps lebih dari 10 kali lipat kecepatan transfer rate dari USB 2.0 yang hanya sampai 480 Mbps. Tentunya port USB ini bisa dipakai juga (compatible) dengan perangkat USB type 2.0. Tentunya kalau dpakai pada perangkat USB 2.0 kecepatannya yach mengikuti jenis USB 2.0. Jadi kecepatan transfer rate bisa maksimum jika menggunakan perangkat USB 3.0 juga misal external Hard disk dari Iomega eGo 2 TB USB 3.0.



Jenis-Jensi Slot NIC 

1.                  NIC Slot ISA
NIC ini adalah NIC yang khusus dipasang pada slot ISA di motherboard. Saat ini NIC udah jarang dipakai karena transfer data saat ini menggunakan PCI.

2.                  NIC Slot PCI
Dipasang khusus juga pada slot PCI. Kecepatannya lebih cepat dari pada ISA. NIC PCI biasa digunakan di sekolah-sekolah, terdapat port untuk RJ45nya dan jumlahnya ada satu. Tapi, semakin majunya teknologi sekarang ada yang jumlahnya lebih, yaitu pada Port BNC dan UTP

3.                  NIC Untuk dukungan Fiber Optik
NIC ini terdapat port untuk colokan kabel fiber optik. Ukurannya lebih besar dan memiliki ruangan khusus dalam pemaangannya.

4.                  NIC Socket PCMCIA
Digunakan pada laptop atau notebook, dan pada umumnya memiliki port UTP.

5.                  USB NIC
Sesuai namanya, otomatis jelas dipasang pada slot USB, dan pastinya mudah di pindah-pindah.
Perbedaan NIC dan Eternet
·         Ethernet merupakan suatu aturan tentang pengkabelan dan juga aturan tentang bagaimana sinyal data dialirkan melalui kabel tersebut. Ethernet bukanlah kartu jaringan, ini yg sering banyak orang salah mengartikan karena lebih populernya kata ethernet.
·         NIC atau kepanjangan dari Network Interface Card atau dalam bahasa Indonesia disebut Kartu Jaringan adalah sebuah kartu yg berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

WIFI CARD

Perangkat ini lah yang merupakan komponen utama dari infrastruktur suatu perangkat Wi-Fi. Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan nirkabel. Wi-Fi dirancang dengan menggunakan berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11, sekarang IEEE 802.11 ini ada 4 macam yaitu IEEE 802.11 a, IEEE 802.11 b, IEEE 802.11 g, dan yang terakhir adalah IEEE 802.11 n. Dengan spesifikasi sebagai berikut :
Spesifikasi
Kecepatan
Frequensi
Type
802.11 b
11 Mbps
2 Ghz
B
802.11 a
54 Mbps
5 Ghz
a
802.11 g
54 Mbps
2 Ghz
b,g
802.11 n
100 Mbps
2 Ghz
b,g,n

Ada beberapa macam wireless card / perangkat Wi-Fi itu di buat berupa PCI, USB, PCMCIA dan Compact Flash. Salah satunya yang kita gunakan dalam instalasi ini adalah wireless card yang berbentuk PCI.

Jenis wireless card yang kita gunakan adalah yang mempunyai dua frequency 2 Ghz dan 5 Ghz yaitu jenis wireless card dengan kemampuan a,b,g. Wireless card dengan code produksi EMP 8602 plus dengan kemampuan dual band frequency. Namum terkadang dalam kondisi khusus kita mengunakan pula wireless card dengan extreme output power seperti XR5. Extreme Range 5 Ghz dengan kemapuan 1 band frequency yang bekerja hanya di frequency 5 Ghz.

Kelebihan:

  • Tidak boros kabel   
  • Praktis
  • Hemat tempat.

Kekurangan:

  • Kecepatan transfer data kurang
  • Bergantung pada sinyal pemancar
  • Mudah terkena hack.





Sumber :
https://sani97854.wordpress.com

Share To:

Firdaus Nanda

Saya memiliki minat yang tinggi dalam dunia IT, namun saya tidak menutup diri akan hal – hal baru yang dapat membuat saya lebih berkembang.

Post A Comment:

2 comments so far,Add yours