Jika berbicara mengenai internet, tentunya situs web (website) dan halaman web (webpage) adalah istilah-istilah yang tidak dapat dipisahkan. Namun tahukan Anda bahwa keduanya adalah hal yang sangat berbeda?

Situs dan Halaman WEB
Halaman Web

Halaman web adalah sebuah dokumen yang paling umum dan paling penting di dalam internet. Halaman web berisikan berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk dan media. Mulai dari teks, gambar, audio, video dan bahkan media interaktif.

Halaman web pada umumnya menggunakan format dokumen HTML (Hypertext Markup Language) yang akan Anda pelajari pada bab selanjutnya. Untuk menampilkan sebuah halaman web, Anda akan memerlukan sebuah aplikasi khusus yang dikenal dengan istilah peramban web (web browser). Aplikasi peramban akan mengambil halaman yang Anda inginkan dari internet dan menampilkannya pada layar monitor dari komputer Anda. Halaman web pada umumnya juga saling terhubung dengan halaman web lainnya melalui sebuah tautan (link) yang dikenal dengan istilah hyperlink.

Situs Web

Jika halaman web diibaratkan sebagai sebuah halaman, maka situs web dapat diibaratkan sebagai sebuah buku. Sebuah situs web memiliki banyak halaman web yang memiliki informasi yang serupa dan saling berhubungan.

Sebagai contoh, situs web dari Universitas Indonesia memiliki halaman-halaman web yang berisikan informasi tentang berbagai progam studi yang terdapat pada Universitas Indonesia. Situs web Universitas Indonesia tentunya tidak memiliki informasi tentang harga mobil dari produsen Toyota.

Share To:

Firdaus Nanda

Saya memiliki minat yang tinggi dalam dunia IT, namun saya tidak menutup diri akan hal – hal baru yang dapat membuat saya lebih berkembang.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours