Cikal bakal internet berasal dari sebuah proyek yang dilaksanakan oleh DARPA (Defense Advanced Research Project Agancy), sebuah agensi dari departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1958. Proyek ini bertujuan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat pada setiap markas militer tentara Amerika Serikat sehingga proses komunikasi dan manajemen informasi dapat terlaksana dengan lebih baik. Jaringan komputer antar markas tersebut dikenal dengan nama ARPANET.

Internet
Internet
Melihat kesuksesan dari ARPANET dalam mempercepat proses komunikasi jarak jauh, dunia bisnis mulai tertarik dan berusaha untuk membuat jaringan yang serupa. Pada Maret 1976, ITU (International Telecommunication Union), sebuah organisasi internasional yang berfungsi untuk mengatur standar komunikasi, meresmikan sebuah protokol yang dinamakan X.25. Protokol ini berfungsi untuk menetapkan standar komunikasi antar komputer melalui kabel telepon. Protokol ini pertama kali digunakan oleh Kantor Pos Inggris, Western Union, dan Tymnet pada tahun 1978.

Dalam waktu singkat, protokol X.25 berkembang dengan pesat dan mulai menjangkau konsumen pribadi pada tahun 1979. Walaupun begitu, layanan yang disediakan hanyalah berupa layanan surat elektronik (e-mail) dan papan pesan (BBS/Bulletin Board System).

Sekitar tahun 1980, protokol TCP/IP telah berkembang menjadi sebuah protokol standar yang dapat digunakan oleh setiap komputer, dan secara efektif telah menggeser protokol-protokol komunikasi lainnya yang pada saat itu saling berbeda-beda tergantung dari masing-masing produsen komputer. Walaupun begitu, proses komunikasi yang terjadi antara satu komputer dengan komputer lainnya masih bersifat terbatas dan internal saja.

Internet yang seperti dikenal sekarang ini dipelopori oleh seorang ahli fisika dari Inggris yang bernama Tim Berners-Lee dari CERN, sebuah lembaga penelitian tenaga nuklir Eropa. Pada awalnya ia ingin mempermudah proses pertukaran informasi penelitian antara satu lembaga dengan lembaga lainnya. Untuk mencapati tujuannya, ia memulai sebuah proyek yang dinamakan World Wide Web (WWW), yaitu sebuah sistem yang dapat digunakan untuk bertukar informasi tidak hanya melalui surat eletronik dan papan pesan tetapi juga melalui halaman-halaman atau artikel-artikel yang dapat dengan mudah dibaca oleh setiap orang seperti halaman web yang dikenal sekarang ini.

Pada saat ini, World Wide Web telah berkembang sangat pesat dan merevolusi proses komunikasi yang telah ada. Pada tahun 2010, diperkirakan ada 1.97 miliar orang pengguna internet aktif.
Share To:

Firdaus Nanda

Saya memiliki minat yang tinggi dalam dunia IT, namun saya tidak menutup diri akan hal – hal baru yang dapat membuat saya lebih berkembang.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours